Senin, 08 Juli 2013

Penanaman Modal Di Kabupaten Lombok Timur

Bismillahirrahmanirrahiim.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Potensi dan peluang investasi di Kabupaten Lombok Timur cukup menjanjikan. Keunggulan akan sumber daya alam yang ada sangat potensial untuk bisa dikembangkan menjadi usaha yang produktif yang akan memberikan nilai tambah yang tinggi. Demikian pula dengan sumber daya manusia yaitu penduduk yang jumlahnya lebih dari satu juta jiwa akan merupakan pasar potensial untuk pasar produk barang dan jasa.
Dengan berbagai potensi yang dimiliki, para investor selama ini sudah menanamkan modalnya pada berbagai jenis dan bidang usaha. Penanaman modal dilakukan melalui fasilitas Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).
Untuk PMA, sampai dengan tahun 2012, jumlah investor yang masuk ke Lombok Timur sebanyak 37 investor yaitu dengan realisasi investasi mencapai US$ 75 juta.
Sebagian besar PMA bergerak pada bidang pariwisata yaitu sebanyak 22 perusahaan. Adapun kawasan wisata yang paling banyak diminati adalah Lombok Timur bagian selatan khususnya di kecamatan Jerowaru.
Kemudian investasi di bidang industri dan pertambangan sebanyak 6 perusahaan. Di bidang pertanian ada 5 perusahaan dan pada usaha perikanan terdapat 4 perusahaan.
Kalau dilihat dari lokasi investasi, sebagian besar PMA mengarah ke 2 kecamatan yaitu Jerowaru di selatan dan Sambelia di utara. Itu terutama karena potensi wisata dan perikanannya. Ini menunjukkan juga bahwa kedua kecamatan itu memiliki prospek cerah untuk berkembang menjadi kawasan yang maju di masa mendatang.
Sedangkan untuk PMDN, sampai dengan tahun 2012, jumlah investasi yang masuk ke Lombok Timur sebanyak 11 perusahaan, dengan realisasi investasi mencapai Rp. 12 milyar.
Sama dengan perusahaan PMA, perusahaan PMDN juga bergerak pada bidang yang kurang lebih sama yaitu perikanan dan pariwisata. Lokasi yang di minati adalah kecamatan Jerowaru dan Sambelia.
Diluar perusahaan PMA dan PMDN yang melaksanakan usahanya mengacu pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal, tentu saja ada ribuan perusahaan lainnya yang berbadan hukum maupun usaha perorangan yang tidak menggunakan fasilitas PMA maupun PMDN menggerakkan berbagai kegiatan usaha di Lombok Timur.
Penanaman modal melalui fasilitas PMA (Penanaman Modal Asing) dan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri), serta yang non fasilitas memegang peran penting bagi pembangunan ekonomi daerah. Dengan investasi yang terus meningkat dari tahun ke tahun diharapkan akan semakin meningkatkan dinamika dan pertumbuhan ekonomi yang pada gilirannya akan meningkatkan peluang kerja dan pertumbuhan ekonomi.
Karena itulah pengenalan akan potensi dan peluang investasi yang dimiliki oleh Kabupaten Lombok Timur perlu terus dilakukan.
Kaitannya dengan itu, Blog yang sederhana ini akan memberikan informasi mengenai data dan informasi menyangkut potensi dan peluang investasi di Kabupaten Lombok Timur yaitu mulai dari sektor pertanian tanaman pangan, hingga pertambangan. Diharapkan blog ini bisa memberikan gambaran awal kepada calon investor mengenai peluang investasi yang ada.
Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar